Tahap Operasional Formal


Apa itu tahap operasional formal? Pada tahap ini anak sudah mampu menggunakan pola pikir abstrak dan logis untuk menghasilkan solusi kreatif dari masalahnya. Pada umur berapakah anak melalui tahap operasional ini? Ibu dan ayah haru mengethaui bahwa anak menjalani tahap operasional formal ini pada umur11 atau 12 tahun hingga umur dewasa sekitar umur 18 tahun.
Ciri yang menonjol pada tahap ini adalah anak sudah mampu berpikir abstrak dan logis dengan menggunakan pola berpikir “kemungkinan” atau sebab akibat. Anak-anak sering merenungkan dengan “apa-jika”, elain memiliki kemampuan abstraksi, pemikir operasional formal juga punya kemampuan untuk melakukan idealisasi dan membayangkan kemungkinan-kemungkinan, pemikir idealis ini bisa menjadi fantasi atau khayalan.
Banyak remaja tidak sabar terhadap cita-cita mereka sendiri. Mereka juga tidak sabar menghadapi problem untuk mewujudkan cita-citanya itu. Egosentrisme juga muncul dalam masa remaja. Egosentrisme masa remaja (adolescent egocentrism) adalah kesadaran diri yang tinggi yang tercermin dalam keyakinan remaja bahwa orang lain tertarik pada dirinya sebagaimana dia tertarik pada dirinya sendiri. Egosentrisme remaja juga mencakup perasaan bahwa dirinya adalah unik atau berbeda dari orang lain. Contoh : “semua orang disini melihatku karena rambutku ini tak bisa diatur”, lalu dia lari ke ruang rias untuk menyemprotnya dengan hairspray.
Nah, ibu dan ayah harus tahu bahwa proses belajar yang dialami seorang anak pada tahap sensorimotor tentu akan berbeda dengan proses belajar yang dialami oleh seorang anak pada tahap preoperasional, dan akan berbeda pula dengan mereka yang sudah berada pada tahap operasional konkret, bahkan dengan mereka yang sudah berada pada tahap operasional formal.  Secara umum, semakin tinggi tahap perkembangan kognitif seseorang akan semakin teratur dan semakin abstrak cara berpikirnya. Anak-anak pada tahap operasional formal perkembangan kognitif sering mampu merencanakan dengan cepat pendekatan yang terorganisasi untuk memecahkan masalah.

Sumber Rujukan
C. Asri Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. 2004. Yogyakarta: Penerbit Rinika Cipta.
Toto Sudargo dkk. Definisi Yodium, Zat Besi dan Kecerdasan. 2018.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahap Operasional Konkret